Timeline

Ujian? Uhyeah!!!

(source image: proprofs)

Kita bertemu lagi di blog yang (abaikan)
Ujian? Hari dimana semua murid pada belajar lebih rajin dan giat, banyak yang pada puasa senen dan kamis, ada juga yang rela bangun jam 2 pagi buat sholat tahajud. Bagi gue dari ketiga hal itu belum cukup, bagi gue ujian itu belum lengkap kalo belom ada yang namanya contekkan. Contekkan itu adalah nomer 2 dari belajar, anak zaman sekarang banyak yang ngebuat contekkan di paha. Enak yang pahanya mulus, putih, dan bersih, pulpen itu pasti keliatan. Coba, lo bayangin kalo pahanya banyak koreng/burik, item, dan buluk, apalagi kalo pulpennya ikutan item, udah yang punya paha kaya gitu harus pasrah untuk tidak membuat contekkan di paha.
   Kalo kata bang admin di @zonasalahgaul yang dikutip di bukunya yang berjudul ”AKU RAPOPO” ada 3 langkah sederhana menjelang ujian, yaitu; TidurMain, dan Siapin Sontekan"Kenapa harus tidur, main, dan siapin sontekan, Kan itu ngga bakal nyelesain ujian?" Ini alasannya;
1. ALASAN PERTAMA
    ”Kalau kita belajar terus-terusan sampai pagi atau sampai ngga tidur, pasti besok paginya kita bakal ngantuk dan ngga fokus saat ujian. Percuma dong! Kalo belajar mati-matian kalo paginya ngga fokus untuk ngerjain soal. Jadi, intinya kita harus tidur yang cukup tanpa harus belajar supaya bisa nyelesain soal ujian”.
2. ALASAN KEDUA
    ”Kebanyakan murid sekolah mengidap ”Stress” saat mengadapi ujian, bahkan ada yang sampe sakit dan sampe gila, Tunggu!!! Kalo murid yang sakit dan sampe gila, apa bakal bisa menyelesaikan soal ujian? Jadi, intinya lo harus main seterus-terusnya supaya bisa menghilangkan stress, dan juga bisa menghilangkan rasa sakit dan rasa gila didalam benak hati lo lo pada”.
3. ALASAN KETIGA
    ”Apa solusi lo mengerjakan soal ujian tanpa harus belajar dengan cepat dan benar? Pasti harus ”NYONTEK”. Nah, jadi lo harus ngasih saran ke kepalah sekolah atau guru lo supaya membuat eskul ”Caranya membuat contekkan yang cepat dan benar”. Jadi, lo gampang dapet ilmu untuk nyiapin contekkan dirumah dan berhasil ngeliat itu contekka pas lagi ngerjain ujian disekolah”.
Menghadapi ujian itu jangan dibawa ribet, lo harus santai dan jangan sampe stress apalagi sampe gila. Mendingan ikutin cara yang diatas, dijamin 80% berhasil lulus dengan nilai diatas rata-rata, 10% berhasil lulus dengan nilai pas-pasan. 5% berhasil lulus dengan nilai dibawah rata-rata, dan 5% kaga lulus karena ketauan nyontek dan nilai dibawah bawahnya lagi nilai rata-rata.
MASALAH PENGAWAS
   Ini yang jadi permasalahan, apalagi kalo pengawasnya yang ”Killer”. Dan pas lu ketauan nyontek kertas jawaban lu langsung disobek. Tapi, kalo pengawasnya cantik juga ngga baik, pasti lo bakal ngga fokus ke soal dan pasti lo fokus ke pengawasnya buka ke soal atau ke temen-temen lo yang pada sibuk nyari contekkan. Lo harus seneng apabila lu dapet pengawas yang sering main handphone atau yang sering keluar masuk kelas, itu kesempatan lu buat nyontek ketemen atau contekkan yang udah lo siapain dari rumah semalem. Tapi, lo harus khawatir apabila lo dapet pengawas yang selalu jalan kedepan kebelakan dari bangku ke bangku buat tau siapa yang nyontek. Dan lo juga harus khawatir saat waktu ujian udah mau abis, ada 2 masalah yang harus lo khawatirin pas waktu ujian mau abis.
PERTAMA, lo pasti panik kalo lo masih ngerjain 5 soal dari 50 soal padahal waktu tinggal 10-5 menit lagi.
KEDUA, lo juga pasti panik kalo lo tiba-tiba pas ngapus jawaban yang salah truss kertas jawabannya robek atau lecek dan kertas jawabannya gaada lagi.
SELESAI UJIAN
Rata-rata murid-murid sekolah dari kalah SDSMP, sampai SMA pasti bakal seneng kalo udah selesai ujian, tapi kayaknya bukan rata-rata lagi hampir semua murid di Indonesia seneng kalo udah selesai ujian. Rata-rata murid SD kalau selesai ujian pasti bakal nongkrong diwarung deket sekolah atau main warnet, rata-rata murid SMP kalau selesai ujian pasti bakal nongkrong di tujuh sebelas, lowson, atau pasar keluarga, atau main kerumah temen untuk berbagi pengalaman saat ujian. Ini ada 2 conton pembicaraan saat berbagi pengalaman (Cewek & Cowok);
Yang Cewek:
          "eh kemaren gimana soalnya susah ngga?" (Setau gue soal kaga ada yang susah dah!)
          “Ngga kok, soalnya aku nyontek sama temen aku”
          “Ihhh, kok kamu nyontek sih!”
Yang Cowok:
          “eh, kemaren gimana soalnya susah ngga?”
          “bego lo, mana ada soal yang susah. Yang ada jawabannya yang susah bukan soalnya”
          “Yaudah selow aja dong!”
          “Lah!, lo kok nyolot sih!” 
(Berlanjut jadi berantem)
Dan rata anak SMA kalo selesai ujian mereka ngga ada jauhnya dari anak SMP, tapi ada juga yang nonton bareng pacar atau bareng temen seperjuangan. 
   Tapi yang gua bingung adalah ketika ngeliat anak TK, Kelas 1 sampai Kelas 3 SD. Rata-rata mereka ngga ada yang cemas atau khawatir saat ingin menghadapi ujian, ngga tau soalnya dia anggap gampang atau emang mereka belum tau yang namanya nyontek.
MASALAH JOMBLO SAAT MENGHADAPI UJIAN
Tapi ada masalahnya buat para "Jomblo Akut" yang mau menghadapi ujian, yang jomblo (termasuk gue) ngga perlu belajar, lo cuman cek timeline tewiter atau pesbuk, kali aja lo ketemu cewek/cowok cakep yang mampu membuat lu semangat buat menghadapi ujian. Tapi, hati-hati saat mengecek timeline saat menjelang ujian, lu bisa aja menemukan sebuah konten yang bisa bikin lo flashback dan jadi galau, misalnya: ada sepasang kekasih/mantan yang lagi pacaran di TL. Jangan sampe lo baca apalagi lo terus perhatiin TL yang lagi ada konten begituan, bisa aja itu mengingatkan lo pada seorang mantan yang dulu pernah juga pacaran di TL karena pengen menyombongkan diri, supaya temen-temen pada tau kalo lo udah ngga jomblo lagi atau udah punya pacar.
Ingat! Saat menjelang ujian jangan belajar, ingat kata Albert Einstein "Orang bodoh adalah orang yang selalu melakukan hal itu-itu saja berulang kali, dan tidak mengharapkan sesuatu yang berbeda". Jadi, intinya jangan terus-terusan mengulang hal-hal itu saja (maksudnya terus-terusan belajar!), jadi lo harus nyari kegiatan-kegiatan untuk menjelang ujian selain belajar.

Oke guys! Thanks banget yang udah mau baca celotehan gua! Jangan lupa tinggalin komentar tentang artikel ini dan yang mau ngirim kritik/saran bisa ke email gue di aldifahrizki48@gmail.com

Sampai bertemu diartikel berikutnya! Bye!
Share on Google Plus

About Aldi Fahrizki

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment